PERPUSTAKAAN UIN-SU MEDAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pendidikan akhlak-moral berbasis teori kognitif

Text

Pendidikan akhlak-moral berbasis teori kognitif

Yaqin, Ainul - Nama Orang; Monalisa - Nama Orang;

Bukankah kritik tentang kegagalan pendidikan moral selama ini tertuju kepada pendidikan yang hanya mementingkan aspek kognitif sebagai penyebabnya? Memang benar, tetapi yang dimaksud oleh kritik ini adalah pendidikan moral yang sebatas pengetahuan, bukan kemampuan kognitif sebagaimana yang dimaksudkan oleh teori Pendidikan Moral Kognitif (Moral Cognitive Developmental). Jean Piaget dan Lawrence Kohlberg sebagai pendiri teori ini menjelaskan bahwa pendidikan moral seharusnya mampu meningkatkan kematangan moral peserta didik. Menurut Piaget, kematangan moral tersebut ditandai dengan tercapainya autonomy dalam diri peserta didik dalam membuat keputusan-keputusan moral. Sedangkan Kohlberg mengartikan kematangan moral sebagai kondisi dimana seseorang telah mencapai level pascakonvensional, pendidikan moral seharusnya mampu meningkatkan penalaran moral (moral reasoning) seseorang, dari jenjang penalaran moral level rendah kepada jenjang penalaran moral level lebih tinggi, dari prakonvensional menuju konvensional dan pascakonvensional. Begitu juga pemikiran al-Ghazali, yang menganjurkan peningkatan akhlak seseorang dari maqam (jenjang) awam menuju khawas dan khawas al-khawas. Buku ini menyajikan uraian tentang teori Cognitive Development yang diterapkan dalam pembelajaran akhlak/moral. Paradigma pendidikan moral berbasis teori kognitif dijelaskan secara mendalam yang diikuti dengan uraian tentang berbagai komponen yang digunakan dalam penerapannya, salah satunya model pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Joice, Weil & Calhoun yang mensyaratkan dihadirkannya komponen sintaks pembelajaran, sistem sosial, peran guru, sistem pendudung, dan dampak instruksional. Guru, dosen, orang tua sebagai pendidik yang memiliki tugas membentuk moral, akhlak, karakter peserta didik, dapat dengan mudah menerapkan teori pendidikan kognitif dengan mengacu pada buku ini. Dengan berpijak pada teori ini, diharapkan para pendidik tidak terjebak dalam praktik pendidikan yang memperlakukan peserta didik sebagai hewan sirkus (reward, punishment, imitation). Proposisi-proposisi yang dikemukakan dalam buku ini juga membuka peluang besar bagi para peneliti untuk mengembangkan lebih lanjut berbagai model pembelajaran, buku ajar, media, strategi dan metode pembelajaran, bahkan tes pengukuran moral berbasis teori Moral Cognitive Development yang sampai saat ini masih terbatas jumlahnya.
Bibliografi : hlm. 211-221


Ketersediaan
20212122T 2X7.3 YAQ p C.1Kampus II-Pancing (2X7)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak untuk Dipinjamkan
20212123U 2X7.3 YAQ p C.2Kampus IV-Tuntungan (2X7)Tersedia
20212124U 2X7.3 YAQ p C.3Kampus IV-Tuntungan (2X7)Tersedia
20212125U 2X7.3 YAQ p C.4Kampus IV-Tuntungan (2X7)Tersedia
20212126U 2X7.3 YAQ p C.5Kampus IV-Tuntungan (2X7)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.3 YAQ p
Penerbit
Depok : Rajawali Pers., 2020
Deskripsi Fisik
XVI, 224 hlm. : ilus. ; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786232313354
Klasifikasi
2X7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subjek
Akhlak Mulia
Pendidkan Islam
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yaqin, Ainul
Informasi Lainnya
Visitor
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UIN-SU MEDAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Selamat datang di Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, pusat informasi dan literasi yang berperan penting dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu di lingkungan kampus. Kami berkomitmen untuk menyediakan akses ke berbagai sumber pengetahuan yang berkualitas dan relevan bagi seluruh sivitas akademika UIN Sumatera Utara. Dengan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SLiMS), kami telah menghadirkan layanan perpustakaan yang modern, efisien, dan mudah diakses dari mana saja, kapan saja. Melalui platform ini, pengguna dapat mencari, mengelola, dan memanfaatkan berbagai koleksi perpustakaan secara digital, menjadikan proses pencarian informasi lebih cepat dan efektif.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek


© 2025 — Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik