PERPUSTAKAAN UIN-SU MEDAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Psikologi pembelajaran matematika : melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologi

Text

Psikologi pembelajaran matematika : melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologi

Umbara, Uba - Nama Orang;


Dalam perkembangannya, psikologi terbagi menjadi beberapa cabang. Salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan menguraikan tahapan yang sistematis mengenai proses-proses yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran beserta masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Buku ini, selanjutnya difokuskan pada pembahasan mengenai psikologi dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika tugas seorang guru yang paling penting adalah meyakinkan peserta didiknya bahwa yang akan dipelajari merupakan konsep-konsep matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan bahwa matematika dibangun berdasarkan keterkaitan konsep. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam pembelajaran matematika dibutuhkan pemahaman mengenai perilaku peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk memahami hal tersebut adalah dengan mempelajari psikologi pembelajaran matematika. Psikologi pembelajaran matematika menurut Resnick dan Ford (1984) adalah ilmu yang mengkaji tentang struktur atau susunan bangunan matematika itu sendiri dan mengkaji juga tentang bagaimana seseorang itu berpikir (think), bernalar (reason), dan bagimana ia menggunakan kemampuan intelektualnya tersebut. Dalam buku ini, penulis menjabarkan mengenai konsep psikologi dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dengan memberikan kajian psikologi dan memberikan contoh implementasinya dalam pembelajaran matematika. Teori yang dibahas meliputi : pengantar teori psikologi, teori belajar Piaget, teori belajar Bruner, teori belajar Ausubel, teori belajar Gagne dan teori belajar Vygotsky. Dengan hadirnya buku “Psikologi pembelajaran matematika” ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki peserta didik dalam kegiatan matematika dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya. Melalui pemahaman mengenai psikologi psikologi pendidikan matematika diharapkan guru mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, karena memiliki pemahaman yang jelas mengenai psikologi dalam mengajarkan matematika kepada siswa.
Bibliografi : hlm. 132-136


Ketersediaan
20212972T 370.15 UMB p C.1Kampus II-Pancing (370)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak untuk Dipinjamkan
20212973U 370.15 UMB p C.2Kampus II-Pancing (370)Tersedia
20212974U 370.15 UMB p C.3Kampus II-Pancing (370)Tersedia
20212975U 370.15 UMB p C.4Kampus II-Pancing (370)Tersedia
20212976U 370.15 UMB p C.5Kampus II-Pancing (370)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 UMB p
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish., 2017
Deskripsi Fisik
VIII, 140 hlm. : ilus. ; 25 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024018757
Klasifikasi
370.15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Edisi 1, Cet.1
Subjek
Psikologi Pendidikan
Matematika - Pembelajaran - Aspek Psikologi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Umbara, Uba
Informasi Lainnya
Visitor
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UIN-SU MEDAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Selamat datang di Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, pusat informasi dan literasi yang berperan penting dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu di lingkungan kampus. Kami berkomitmen untuk menyediakan akses ke berbagai sumber pengetahuan yang berkualitas dan relevan bagi seluruh sivitas akademika UIN Sumatera Utara. Dengan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SLiMS), kami telah menghadirkan layanan perpustakaan yang modern, efisien, dan mudah diakses dari mana saja, kapan saja. Melalui platform ini, pengguna dapat mencari, mengelola, dan memanfaatkan berbagai koleksi perpustakaan secara digital, menjadikan proses pencarian informasi lebih cepat dan efektif.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek


© 2025 — Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik