Text
Psikologi pembelajaran matematika : melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologi
Dalam perkembangannya, psikologi terbagi menjadi beberapa cabang. Salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan menguraikan tahapan yang sistematis mengenai proses-proses yang harus dilakukan dalam melakukan kegiatan pembelajaran beserta masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh guru dalam proses pembelajaran. Buku ini, selanjutnya difokuskan pada pembahasan mengenai psikologi dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika tugas seorang guru yang paling penting adalah meyakinkan peserta didiknya bahwa yang akan dipelajari merupakan konsep-konsep matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menekankan bahwa matematika dibangun berdasarkan keterkaitan konsep. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam pembelajaran matematika dibutuhkan pemahaman mengenai perilaku peserta didik dalam pembelajaran matematika. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk memahami hal tersebut adalah dengan mempelajari psikologi pembelajaran matematika. Psikologi pembelajaran matematika menurut Resnick dan Ford (1984) adalah ilmu yang mengkaji tentang struktur atau susunan bangunan matematika itu sendiri dan mengkaji juga tentang bagaimana seseorang itu berpikir (think), bernalar (reason), dan bagimana ia menggunakan kemampuan intelektualnya tersebut. Dalam buku ini, penulis menjabarkan mengenai konsep psikologi dalam kaitannya dengan pembelajaran matematika dengan memberikan kajian psikologi dan memberikan contoh implementasinya dalam pembelajaran matematika. Teori yang dibahas meliputi : pengantar teori psikologi, teori belajar Piaget, teori belajar Bruner, teori belajar Ausubel, teori belajar Gagne dan teori belajar Vygotsky. Dengan hadirnya buku “Psikologi pembelajaran matematika” ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengungkap potensi yang dimiliki peserta didik dalam kegiatan matematika dengan tidak melupakan hakikat siswa sebagai manusia yang memiliki jati diri yang berhak diakui eksistensinya dan berbeda satu dengan lainnya. Melalui pemahaman mengenai psikologi psikologi pendidikan matematika diharapkan guru mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, karena memiliki pemahaman yang jelas mengenai psikologi dalam mengajarkan matematika kepada siswa.
Bibliografi : hlm. 132-136
20212972 | T 370.15 UMB p C.1 | Kampus II-Pancing (370) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak untuk Dipinjamkan |
20212973 | U 370.15 UMB p C.2 | Kampus II-Pancing (370) | Tersedia |
20212974 | U 370.15 UMB p C.3 | Kampus II-Pancing (370) | Tersedia |
20212975 | U 370.15 UMB p C.4 | Kampus II-Pancing (370) | Tersedia |
20212976 | U 370.15 UMB p C.5 | Kampus II-Pancing (370) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain